jump to navigation

Asia Regional Consultation – IDRC Februari 7, 2009

Posted by Tatang in Beranda.
Tags: , ,
trackback

Undangan dari IDRC [the International Development Research Centre] untuk meghadiri Asia Regional Consultation di Singapura, 4-5 Februari 2009 lalu saya penuhi, meski saat itu kondisi tubuh saya belum pulih 100 persen. Acara yang dihadiri oleh sekitar 18 peserta dari beberapa negara [di luar perwakilan IDRC] dan beragam latar belakang keilmuan dan profesi itu sangat menarik.

Tujuan utama forum tersebut pada dasarnya mendapatkan masukan dan mendiskusikan beberapa prioritas riset untuk pembangunan. Ini dilakukan oleh IDRC di beberapa wilayah kerjanya, termasuk Asia Tenggara dan Asia Selatan. Ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi penyiapan rencana strategis IDRC 5 tahun mendatang (2010 – 2015).

Selama ini, IDRC bekerja dalam 3 (tiga) bidang luas, yaitu :

  • Environment and agriculture
  • Political Economy
  • Science / Information & Communication Technologies

Dalam diskusi tersebut, selain ada beberapa “isu” penting yang nampaknya menjadi ”keserupaan isu bersama” [misalnya perubahan iklim], yang tak kalah ”mengejutkan” buat saya adalah keserupaan ”persoalan” kebijakan publik yang dihadapi di banyak negara Asia. Bahwa masih terdapat demikian lebar “kesenjangan” antar dunia ”riset kebijakan” dengan “kemampuan dan proses pengambilan kebijakan publik” itu sendiri. Itu terjadi baik pada tataran pemerintahan nasional maupun pemerintahan daerah.

Para partisipan juga mengungkapkan kekhawatiran mendalam dalam waktu mendatang apabila proses politik yang berkembang ke depan di masing-masing negara tidak mampu menyajikan peningkatan kualitas “kemampuan dan proses pengambilan kebijakan publik” secara signifikan. Ini sangat menyulitkan Asia menghadapi krisis global dewasa ini dan berpotensi semakin menurunkan kemampuan negara-negara Asia dalam ”R&D untuk pembangunan” dalam arti luas.

Semoga saja pemilu untuk calon anggota legislatif di Indonesia April 2009 dapat menghasilkan para wakil rakyat yang berkualitas lebih baik, memiliki integritas dan profesionalitas tinggi. Ini sangat penting bagi perbaikan kebijakan publik ke depan dan masa pembangunan Indonesia 2010 – 2014. Jika Anda pemilih yang sah, tentu turut memiliki tanggung jawab dalam memberikan warna proses pembangunan periode tersebut dan Indonesia yang akan diwariskan ke gerenasi berikutnya dengan memilih wakil rakyat yang tepat. Gunakan hak Anda dengan penuh tanggung jawab . . .

Komentar»

1. mebigina - Februari 24, 2009

saya juga merasakan hal tersebut, “riset kebijkan” tidak digunakan sabagi salah satu bahan dalam pembuata/pengambilan keputusan/kebijakan. padahal riset tersebut dibiayai negara. atau karena kualitas riset tersebut yang kurang mumpuni ya????

2. LI - April 7, 2009

mampir disini….salam kenal..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: