jump to navigation

Tebar Pesona di Dunia Maya Desember 8, 2008

Posted by Tatang in LAIN-LAIN.
Tags: , ,
trackback

Belakangan, semakin banyak politisi dan partai politik [parpol] memanfaatkan media elektronik untuk “tebar pesona”, termasuk melalui internet. Web, blog, Facebook, dan sejenisnya mulai diramaikan oleh suasana “pesta demokrasi” 2009. Menarik, walaupun kita belum tahu “arahnya” ke mana pemanfaatan TIK ini dalam ancangan mereka.

Saya sendiri belum pernah ikut dalam kelompok-kelompok diskusi yang bernuansa “kepartaian”. Memang tidak ada larangan sekalipun kita “pegawai negeri sipil (PNS)” bergabung dalam diskusi-diskusi demikian. Tetapi saya belum yakin apakah tokoh yang bersangkutan yang memang langsung berada di balik situs internet, blog atau “profil” yang terpampang di Facebook, dan sejenis. Kalaupun ya, saya belum menemukan tokoh yang mengungkapkan “pandangan dan rencananya” untuk mengembangkan dan mendayagunakan pengetahuan bagai pemajuan bangsa dan negara ini. Apalagi bicara secara khusus tentang teknologi informasi dan komunikasi [TIK].

Dalam “dunia nyata,” saya malah sering “melihat” atau kebetulan “bertemu” dengan tokoh politik [dan yang telah menjadi pejabat] berbicara tentang ini. Yang jarang saya temui adalah mereka yang memang sungguh-sungguh dengan apa yang disampaikan dalam “pidato” sambutannya. Kita “terpaksa” mengelus dada karena sering setelah pidotao tersebut tidak ada tindak lanjut kongkritnya. Karena itu ada kalanya saya juga ragu apakah mereka “mengerti” dengan yang diucapkannya. Mungkin [sebagian besar] kita lebih berharap bahwa mereka menyampaikan pesan sederhana dengan niat yang tulus, dan tindakan yang nyata.

Di bidang TIK, saya lebih berharap para tokoh [atau calon tokoh] politik semakin mau membangun komunikasi timbal-balik yang positif dengan para ahlinya dan masyarakat – mau mendengarkan advis-advis ahli untuk perbaikan program yang ditawarkannya – bukan sekedar tebar pesona dan janji.

Semoga.

Komentar»

1. CoffeeTeaMe - Desember 12, 2008

He..he..
Tebar pesona ya?
ikutan ah….

Tatang - Desember 12, 2008

Boleh, silahkan. Kalau dari “partai blogger” atau “partai penggemar minum kopi” saya dukung 110%.

2. infogue - Desember 17, 2008

promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!h
ttp://www.infogue.com

3. farcha - Maret 2, 2009

asal tebar pesonanya tujuannya buat baik. misal tambah teman, promosi blog. gak masalah kan?

4. brownsugar - April 19, 2009

Wekekekeke…..males ahhhh tebar pesona….secara yakin kaga bakal ada yang terpesona….Mo tebar aroma burket aja yang jelas jelas bikin semua klenger tak gentar….

Pak Tatang blognya ngeriiii….isinya ga ada yang bikin saya mudeng….tau sendiri kan Gaptek bin oneng…..SD aja Drop out…jadi maklum


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: