jump to navigation

Dari Diskusi “Strategi Inovasi Daerah” Kota Surakarta November 4, 2008

Posted by Tatang in Beranda.
Tags: , , ,
trackback

Bertemu dengan rekan-rekan di daerah selalu menjadi pengalaman menarik buat saya, selain mendapat suasana baru berbeda dari kemacetan Tangerang-Jakarta. Kemarin pagi, Senin, 3 November 2008 saya diminta menyampaikan tanggapan atas prakarsa rekan-rekan dari Bapeda dan Tim DRD (Dewan Riset Daerah) Kota Surakarta menyusun rancangan naskah ”Strategi Inovasi Daerah”. Rekan-rekan dari Tim Deputi Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi [pak Subagjo, pak Murman, pak Ruki, mbak Yuni dan mbak Anissa] yang selama ini bermitra dengan Bapeda Kota Surakarta menyampaikan tanggapan dan masukan dari berbagai aspek atas draf yang dipaparkan oleh salah seorang wakil dari DRD Kota Surakarta. Mudah-mudahan diskusi tersebut dapat bermanfaat bagi penyelesaian naskahnya.

DRD Kota Surakarta memang masih menunggu ”legalitas” dari Pemkot setempat, namun pada saat bersamaan lembaga fungsional lokal ini telah mulai bekerja dalam memenuhi tanggung jawabnya seperti disebutkan dalam UU No. 18 tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Beberapa saat sebelumnya, saya dan pak Fajar (KNRT) didampingi oleh pak Triyanto (Kepala Bapeda Kota Surakarta) berkesempatan bertemu dengan pak Joko Widodo, Walikota Surakarta. Kepiawaian dalam memimpin dan ditambah pengalaman Beliau sebagai pelaku bisnis sebelum terpilih sebagai Walikota memang ”mewarnai” kehendak Kota Surakarta dalam mendorong sistem inovasi daerahnya dan untuk menjadi ”berbeda” dari daerah lainnya.

Pak Fajar yang hadir bersama timnya (pak Malikus dan mbak Mega) dan melanjutkan acara kunjungan ke kawasan Solo Technopark.

Terlepas dari catatan di sana-sini atas draf Strategi Inovasi Daerah tersebut, saya kira upaya DRD dan kemitraannya dengan pihak Pemkot Surakarta dalam hal ini sangat baik dan patut diapresiasi. Bersamaan dengan itu, Pemkot, ATMI dan para pemangku kepentingan lainnya pun tengah gigih mewujudkan peningkatan daya saing dan kohesi sosial melalui aktivitas nyata yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Pengembangan Solo Technopark, dan lainnya kini tengah digarap yang tak hanya melibatkan beberapa mitra setempat tetapi juga mitra internasional. Ini merupakan salah satu bentuk implementasi ”instrumen kebijakan inovasi” yang penting bagi penguatan sistem inovasi daerah Kota Surakarta.

Jika direncanakan dan diimplementasikan dengan tepat, saya kira Solo Technopark dapat dikembangkan sebagai salah satu percontohan bagi Pusat Inovasi UMKM yang tengah digarap oleh pemerintah belakangan ini. Idealnya, tentu pengembangan kewirausahaan, pematangan potensi bisnis dan dukungan lembaga keuangan berisiko (risk capital) dikembangkan juga [selain dukungan lembaga bank] di kawasan tersebut atau sekitarnya.

Semoga Surakarta berkembang menjadi ”Kota Budaya yang inovatif dan berdaya saing”, seperti yang diusulkan sebagai visi dalam draf naskah yang tengah disusun tersebut.

Wallahu alam bissawab . . .

Komentar»

1. Ign.Subagjo - November 10, 2008

Sayangnya, pada acara tersebut kurang terjadi diskusi yang intens, para anggota DRD kurang menanggapi tanggapan yang BPPT sampaikan. Kemungkinannya adalah :
1. Waktu yang sudah mepet, karena akan ngantar p.Fajar cs. ke STP.
2. Menerima 100 % komentar/masukkan dari BPPT karena mereka menganggap masukkan dari BPPT dan “Textbook Penyusunan Dok.SID” dari BPPT sebagai hal yang wajib diikuti dan benar.

Bila yang terjadi adalah alasan ke 2, maka perlu kita pikirkan bagaimana cara mendorong DRD untuk dapat menyusun Strategi Inovasi Daerahnya sesuai pemahaman mereka (tidak “nyontek” persis sama dengan yang kita contohkan).

Terima kasih.

2. Didit Herawan - Desember 15, 2008

Betul pak Subagjo …kita perlu menemukan dan menggunakan “bahasa gaul” mereka, sehingga terjadi interaksi yang intens …

Ngomong2 technopark-nya Solo sudah seperti apa, ya?

Tatang - Desember 15, 2008

Solo Technopark masih dlm tahap perencanaan. Sebagian sudah mulai dan sedang dibangun secara fisik. Insya Allah di 2009, ini menjadi salah satu pilot untuk Pusat Inovasi UMKM juga.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: