jump to navigation

Siapa Punya “Potret” Sistem Inovasi Daerah atau Industrial? Oktober 16, 2008

Posted by Tatang in Beranda.
Tags: ,
trackback

Di antara upaya yang tengah dilakukan oleh rekan-rekan komunitas diskusi sistem inovasi adalah “memetakan” bagaimana sistem inovasi di tingkat daerah dan untuk konteks industrial/sektoral tertentu.
Jika ada yang sudah atau tengah melakukannya (atau merencanakan melakukannya), alangkah baiknya dapat berbagi informasi. Silahkan sampaikan melalui blog ini, di sistem inovasi, blog saya, atau forum diskusi di Yahoo atau forum sistem inovasi di Scribd.
Terimakasih.

Komentar»

1. Atang Sulaeman - Oktober 17, 2008

Aslmww

Semoga Pak Tatang dan Keluarga selalu ada dalam lindungan Allah SWT.

Informasi mengenai “Potret” SID secara utuh, sampai saat ini mungkin masih sangat sulit ditemui. Tetapi kalau gambaran yang terpisah-pisah dari SID mungkin ada. Salah satu yang saya ketahui adalah aktivitas yang dilakukan oleh Asdep Bidang Program Riptek Daerah (Pak Fajar) yakni mengenai peta kapasitas iptek daerah. Yang saya ketahui hasil pemetaan tersebut dituangkan dalam sebuah web (saya lupa alamatnya) dan beberapa propinsi sudah berperan serta dalam penyusunan peta tersebut.

Pak Fajar dkk juga melakukan kegiatan pendampingan penyusunan Kebijakan Strategis Iptek Daerah (Jakstrada – sesuai amanat UU No 18/2002).
Sebagai informasi, saat ini Propinsi Bali telah memiliki Jakstrada Iptek Daerah yang (sedang dalam proses) terintegrasi di dalam RPJMD. Sehingga Jakstrada tersebut memiliki payung hukum sebagai sebuah dokumen perencanaan pembangunan, yang harus diacu oleh seluruh SKPD Bali.
Sesuai informasi dari LO BPPT (Pak Wayan) rencananya pekan depan (tgl 22 Okt) RPJMD Bali akan diworkshopkan. Jakstrada (serta ARD) yang telah disusun oleh Bappeda bersama Kelpmpok Ahli (semacam DRDnya Bali) akan menjadi bagian dari RPJMD tersebut. Jakstrada iptek ini juga dilengkapi dengan matriks ARD berdasarkan kebutuhan pembangunan setempat.

Daerah lain yang melakukan penyusunan Jakstrada Iptek antara lain Kalsel, Sumbar, Riau, Lampung (tetapi daerah2 ini belum se”agresif” Bali).
Mungkin informasi ini bisa sedikit membantu.

2. Tatang - Oktober 17, 2008

Wa alaikumsalam WW;
Amien . . . Jazakumullah . . .
Ide baik pak Atang. Barangkali pak fajar dapat diajak untuk berbagi hasil-hasil tersebut dan bergabung dalam forum diskusi kita.
Juga Provinsi Bali. Kalau memang sudah mulai ada yang dapat dibagi (shared) alangkah bagusnya. Jika punya kontaknya, silahkan diajak pula pak.
FYI, kalau tidak salah tim dari DRN akan ke DRD Provinsi Bali. Mungkin dapat sekalian disampaikan tentang upaya2 yg tengah dilakukan kita semua.
Wassalam,
~tat


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: