jump to navigation

E-readiness Indonesia 2008 (Versi EIU) September 16, 2008

Posted by Tatang in E-development, TIKoMeter.
Tags: , , , , , , , , , ,
trackback

Salah satu upaya untuk menelaah e-readiness tingkat negara adalah yang dilakukan oleh “the Economist Intelligence Unit (EIU)” yang telah melakukannya sejak tahun 2000. E-readiness ini mengindikasikan bagaimana suatu negara mampu “menyerap” kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan mendayagunakannya untuk kemanfaatan ekonomi dan sosial. Pada dasarnya, e-readiness yang dikembangkan oleh EIU mengungkapkan ukuran kualitas infrastruktur TIK suatu negara dan kemampuan kalangan konsumen, bisnis dan pemerintah memanfaatkannya.

Mereka mengelompokkan kriteria penilaian atas 6 kategori, yaitu Konektivitas dan Infrastruktur Teknologi/Connectivity and Technology Infrastructure (Bobot: 20%), Lingkungan Bisnis/Business Environment (15%), Lingkungan Sosial dan Budaya/Social and Cultural Environment (15%), Lingkungan Legal/Legal Environment (10%), Kebijakan dan Visi pemerintah/Government Policy and Vision (15%), dan Adopsi oleh Konsumen dan Bisnis/Consumer and Business Adoption (25%).

Dalam publikasi terakhir (2008, Klik di sini), Indonesia memiliki skor 3,59 (sedikit meningkat dari 3,39 pada tahun 2007) dan berada pada urutan 68 (dari 70 negara yang disurvei; urutan 67 pada tahun 2007). Posisi ini memang bahkan lebih rendah dari Vietnam sekalipun (dengan skor 4,03 dan pada urutan 65).

Wah, maaf, saya tidak bermaksud menambah dan menyebarluaskan berita kesedihan. Tapi sebaliknya, ini keprihatinan, yang mudah-mudahan justru bisa menjadi cambuk agar lebih memotivasi kita semua untuk berjuang lebih baik untuk perbaikan dalam masyarakat.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: